Our social:

Rabu, 08 Februari 2017

Lamaran BEASISWA LPDP 2017 SUDAH DIBUKA, Begini Cara Pendaftarannya

Ikutan kasi info yg lg banyak dishare.. plus saya kasi sedikit saran.

PENDAFTARAN BEASISWA LPDP 2017 SUDAH DIBUKA

Silahkan bagi teman-teman yg ingin melanjutkan studi S2/S3 ataupun Pendidikan Dokter Spesialis dg #beasiswaLPDP pendaftaran tahun 2017 ini (akhirnya) dibuka..



Klik http://beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id , screenshot ini sbg bukti kalau ini bukan hoax.

Ada 3 macam beasiswa yg umumnya diberikan LPDP dan menggunakan portal di atas utk mendaftar: (lebih lanjut buka http://lpdp.kemenkeu.go.id )
1. Beasiswa Magister dan Doktor
2. Beasiswa Afirmasi
3. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
Ada juga beasiswa khusus Tesis dan Disertasi infonya bisa dilihat pada website di atas.


Saran saya bagi para peminat beasiswa ini khususnya utk jalur Beasiswa Magister dan Doktor:

1. Anda bukan dosen yg sudah memiliki NIDN, karena sudah disediakan kanal pendanaan khusus dosen yaitu beasiswa BUDI.

2. Anda secara sadar ingin melanjutkan pendidikan yg lebih tinggi dg niat yg jelas, bukan sekedar ikut-ikutan apalagi biar keren.

3. Anda secara sadar mengetahui bahwa mengikuti perkuliahan S2 / S3 memiliki sederet tanggung jawab dan konsekuensi, apalagi dg menjadi penerima beasiswa yg dananya diambil dari pajak negara.

4. Sebelum memutuskan perguruan tinggi dan jurusan yg dipilih perlu untuk mengenali 3 hal : Mengenali diri sendiri (minat, topik riset, dan jg kemampuan diri), mengenali minat studi yg dituju dg segala rumpun ilmu yg berkaitan dan kemungkinan tema riset yg bersesuaian, dan yg terakhir mengenali kampus tujuan (kurikulum, sistem belajar, jumlah mahasiswa yg diterima, pengajar/dosennya, riset yg sudah dilakukan, dll) termasuk juga mengenai sistem pendaftaran yg kadang tiap kampus punya ciri khas.

5. Memiliki kemampuan menulis dan berdiskusi. Karena ini yg akan dilakukan selama kuliah. Selain riset di laboratorium atau lapangan bagi mereka yg belajar ilmu hayati ataupun teknik.

6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, sekalipun tujuan Anda adalah universitas dalam negeri. Karena bahasa ini merupakan kunci dari segala aktifitas akademik maupun non akademik. Intinya kuasai bahasa Inggris dg ukuran yg disyaratkan minimal oleh LPDP.

7. Unduh USER MANUAL atau BUKU PANDUAN LPDP sebelum mendaftar agar memahami secara menyeluruh aturan main dan sistemnya.

8. Rajinlah menelusuri dunia maya jika Anda ingin mengetahui tips & trik mendaftar beasiswa ini dan juga mendaftar kuliah di kampus tujuan Anda. Ini penting dilakukan utk kebaikan Anda sendiri, sebelum bertanya kepada penerima beasiswa sebelumnya.


9. Persiapkan diri sebaik mungkin.

10. Berdoa dan perbanyaklah amal kebaikan karena kita meminta Allah memenuhi cita-cita kita. Jadi jangan cuma mengandalkan usaha, tapi mintalah kpd Sang Kuasa. "Sogoklah" dg banyak doa dan amal kebaikan kita karena Allah pasti suka. Apalagi jika nanti bisa terus dilanjutkan:)

Jika ada yg ingin bertanya kpd saya sbg peraih beasiswa ini maupun sebagai mantan pegawai Kantor Internasional, monggo.. anytime you can reach me on Facebook Messenger..

Semoga lancar, sukses dan berkah

0 komentar:

Posting Komentar