Kunjungi Wisata Baru di Lereng Merapi Yogyakarta, Stonehenge Buatan Mirip yang di Inggris


BaliLondon.id - Mari berwisata ke Jogja. Terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, objek wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan semenjak awal dibuka untuk pengunjung. Bebatuan yang berdiri pun disusun dan dibuat menyerupai Stongehenge asli.


Stonehenge is perhaps the world’s most famous prehistoric monument. It was built in several stages: the first monument was an early henge monument, built about 5,000 years ago, and the unique stone circle was erected in the late Neolithic period about 2500 BC. In the early Bronze Age many burial mounds were built nearby. Today, along with Avebury, it forms the heart of a World Heritage Site, with a unique concentration of prehistoric monuments.


Sampai saat ini, belum ada yang bisa memastikan fungsi atau tujuan pembangunan Stonehenge di masa lalu. Monumen megalitikum berupa batu-batu berukuran sangat besar yang disusun vertikal dengan tinggi 10 kaki dan berat berton-ton itu diperkirakan para ahli arkeologi sebagai penanda tempat pemakaman atau sebuah observatorium astronomi. Sebagian peneliti lain menduga situs yang berusia lima ribu tahun tersebut dibangun pada posisi yang tepat untuk mengamati langit. Bahkan ada yang menyebutkan Stonehenge sebagai tujuan wisata kuno yang berfungsi sebagai pusat penyembuhan. 
Kini masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke Inggris untuk melihat situs bersejarah Stonehenge. Pasalnya, batu-batu serupa peninggalan zaman prasejarah tersebut sudah ada di Yogyakarta.

Lokasi Wisata Baru "Stonehenge
Bahkan, lokasinya pun tidak kalah menakjubkan. Dimana Stonehenge ala Jawa ini terletak di Lereng Gunung Merapi, Dusun Petung, Desa kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Selain itu, bangunan bernama Stonehenge ini pun dikelilingi oleh kebun kopi.

Udara sejuk, langit cerah, dan panorama hijau pun menambah kesempurnaan wisata bagi para penikmat alam. Apalagi Stonehank sangat cantik untuk dijadikan sebagai backround foto. Baik selfie mapun grup.
Stonehenge is a prehistoric monument in Wiltshire, England, 2 miles (3 km) west of Amesbury and 8 miles (13 km) north of Salisbury. Stonehenge's ring of standing stones are set within earthworks in the middle of the most dense complex of Neolithic and Bronze Age monuments in England, including several hundred burial mounds.

Ide Gagasan atau Sejarah Pembangunan "Stonehenge" di Yogyakarta
Pengelola Stonehenge, Remon (37) menuturkan, objek wisata ini dibangun oleh swadaya masyarakat. Dimana proses pembangunannya telah berlangsung sejak empat bulan lalu. Setidaknya ada 20 susunan batu yang membentuk Stonehenge dengan tinggi rata-rata empat meter. "Ide awalnya bangun ini karena ingin ala-ala saja. Kalau The Lost World Castle dibuat jadi ala Benteng Takeshi, Stonehenge dibuat ya ala-ala Stonehenge," kata Remon. Adapun Stonehenge sendiri berdiri di lahan milik warga seluas 200 meter. Sebagian besar sudah ditanami rumput hijau untuk menambah kemiripan dengan Stonehenge.


Berapa Jumlah Pengunjung Wisata "Stonehedge" di Sleman
Sementara sebagian yang lain masih dalam tahap pembenahan. Meski belum jadi 100 persen, saat ini Stonehenge sudah dikunjungi banyak pelancong. Baik oleh wisatawan mandiri maupun peserta Volcano Jeep. "Alhamdulillah sudah ramai. Rata-rata kunjungan per hari 200 sampai 300 orang," kata Remon. Sementara pada akhir pekan jumlahnya bisa melonjak sampai 500 orang. Untuk masuk ke area Stonehenge, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 5.000.

Cara Menuju Daerah Stonehenge di Yogyakarta ini
Bagi yang berencana untuk berwisata ke Gunung Merapi, dapat melipir ke Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman – Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Stonehedge Buatan 
Cukup merogoh kocek Rp 5.000 untuk tiket masuk, kamu bisa menikmati suasana alam Gunung Merapi sekaligus menambah koleksi foto-foto unik di Yogyakarta.

Perbedaan Stonehenge yang di Yogyakarta dengan yang Aslinya di UK
Berikut ini adalah perbedaaan :
1. Stonehenge asli terletak di dataran tinggi yang memiliki padang rumput yang sangat luas.
2. Stonehenge asli dibangun pada tahun 3000 BC hingga 2000 BC
2. Stonehenge asli memiliki batu terttinggi yang disebut sarsens yaitu mempuyai tinggi 9 meter dan berat 25 ton
Previous
Next Post »