Our social:

Sabtu, 24 Desember 2016

Akibat Banjir Bandang di Bedugul, Jalur Denpasar-Singaraja sempat Lumpuh

Beberapa sumber dikawasan tersebut yang dihubungi mengungkapkan hujan lebat mengguyur Baturuti Bedugul sejak siang hari hingga petang. Volume air yang sangat berlebih itu membuat beberapa kawasan rendah terlanda banjir.

Ada beberapa titik longsor yang juga terjadi yaitu di seputaran eks lila graha, Pura Dalem Candi Kuning teredam banjir. “Pura dalem kena banjir, banyak bebatuan masuk pura dan penyengker roboh,” seorang sumber menjelaskan.



Sementara longsor terjadi di beberapa titik tebing baik di Bedugul maupun di daerah Singaraja sehingga macet total. “Soal korban jiwa sejauh ini belum ada kabar, mudah-mudahan tidak ada, hanya penyengker pura dalem roboh dan macet total,” sebutnya lagi.

Hal senada diungkapkan Camat Baturiti, Tos Parta. Kata dia jalan Denpasar-Singaraja tepatnya dari patung jagung, desa Candi Kuning ke arah utara mengalami banjir. 


Kondisi ini dikatakannya akibat adanya beberapa titik tebing longsor dimana material tanahnya meluber hingga menutupi badan jalan dan menutup saluran pembuangan air ke danau. “Ada dua titik longsor, sebelah timur dan selatan tanah eks lila graha, volume tanah sangat besar menutupi semua badan jalan,”ucapnya. 

Dan untuk memindahkan longsoran yang menutupi jalan itu tidak bisa dilakukan secara manual, lantaran semua badan jalan tertutup longsor. “Harus pakai alat berat, ditambah lagi listrik padam sehingga kami tidak bisa berbuat banyak,” jelasnya

Obyek Wisata Bedugul ditutup sementara akibat sejumlah halaman dan jalan utama Bedugul tertutup lumpur, bebatuan bahkan kayu gelontongan.

Banjir tersebut terjadi tepat di kawasan wisata kebut raya Eka Karya Bali atau biasa disebut Kebun Raya Bali bagi kalangan wisatawan bali, Pura yang berada di sebelah utara wilayah Kebun Raya bali pun sekarang tampak hampir rata dengan tanah dikarena sapuan banjir dan lumpur bercampur kayu kayu besar. Termaksud Pura Teratai Bang yang ada didalam Kebun Raya pun tak luput mengalami kerusakan.




Penutupan lantaran banjir bandang melanda Desa Candi kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali pada Rabu, 21 Desember 2016.
Saat ini proses pembersihan dan pembenahan sedang dilakukan. Bahkan pihak pemerintah daerah mendatangkan alat berat untuk membersihka lumpur dan kayu-kayu.

Akibat ditutupnya serta musibah yang melanda Kebun Raya Bedugul ini pihaknya mengaku mengalami kerugian miliaran rupiah.

0 komentar:

Posting Komentar