Update Terbaru Titik-titik Kemacetan di Jalanan Jogja

Beberapa tahun yang lalu,titik kemacetan di jalan seputaran Jogja mungkin hanya di satu tempat yaitu Malioboro,khususnya di saat musim liburan sekolah dan akhir pekan (sabtu-minggu). Saya pun,yang asli warga Jogja, selalu berusaha menghindari lewat jalan Malioboro kecuali memang mau nggak mau harus lewat jalan itu.
Namun kini, keadaan Jogja sudah jauh berubah. Beberapa mall (pusat perbelanjaan) sudah dibangun dan beroperasi di seputaran wilayah Yogyakarta, belum lagi yang sedang dalam proses pembangunan/ penyelesaian. Belum lagi laju pertumbuhan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil termasuk taksi yang sangat cepat.
Mungkin bisa dibilang saat ini semakin mudah untuk memiliki motor dan mobil baru.Semua dealer saling berlomba memberikan harga yang murah dan kemudahan dalam pembelian kendaraan baru. Tak heran jika kondisi jalanan di wilayah Yogyakarta semakin bertambah padat.

Baiklah,saya akan informasikan Titik-titik kemacetan di jalanan kota Jogjakarta, Titik-titik kemacetan yang saya sebutkan ini memang biasanya macet pada hari biasa, apalagi kalau weekend (akhir pekan)
  1. Jalan Adisucipto, mulai dari jalan depan Gedung Wanita hingga traffic light pertigaan Jalan Gejayan (jalan Affandi sekarang).
  2. Jalan Jogja-Solo km 10 (dari arah Jogja) tepatnya sebelum pertigaan jalan ringroad timur Maguwoharjo,biasanya mulai padat merayap mulai dari sebelum Sheraton hotel,semakin sore jumlah kendaraan akan semakin menumpuk, dan puncaknya pada pukul 5 - 6 petang.
  3. Jalan Ringroad Utara, khususnya di perempatan UPN Condong catur
  4. Jalan Godean yang arah masuk ke Jogja
  5. Jalan Ahmad Dahlan hingga perempatan Kantor Pos Besar Jogyakarta (atau sering disebut Jogja nol kilometer)
  6. Jalan Brigjen Katamso
  7. Jalan Jogja-Solo tepatnya di pertigaan Janti, di bawah Jembatan layang (arah masuk ke Jogja)
  8. Pertigaan Airport Adisucipto dan jalan Jogja-Solo (dari arah timur).Kemacetan terjadi pada pagi hari (saat hari kerja),yaitu sekitar pukul 6.45 - 7.45 pagi, karena bertepatan dengan jam masuk sekolah dan jam masuk kantor/kerja.
Jadi kalau bisa dihindari jika tidak perlu melewati jalur-jalur tersebut atau siapkan waktu lebih banyak,seperti datang lebih awal atau lebih pagi.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »