Kunjungi Obyek Wisata Museum Jenderal HM Soeharto di Godean,Yogyakarta Sekaligus Belajar Sejarah

Mari kita menyaksikan secara langsung wujud Memorial Jenderal Besar HM Soeharto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Pak Harto.

Museum Pak Harto telah diresmikan oleh anak-anak beliau, saudara, dan juga beberapa menteri pada 8 Juni 2013. Museum HM Soeharto ini terletak di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.


Desa Argomulyo merupakan tempat kelahiran Presiden ke-2 RI itu sekaligus tempat di mana museum itu sekarang berdiri dengan gagahnya.

Berdasarkan peta, denah dan informasi, museum ini bisa dikunjungi melalui jalan Wates dan atau jalan Godean. Tapi sebaiknya memilih menggunakan jalan Wates karena jalannya lebih lebar dibandingkan jalan Godean, sehingga jalannya relatif lebih lancar dan tidak macet. 

Kalo lewat Jalan Wates km 10, ambil belok ke arah utara pertigaan jalan Stasiun Kereta Rewulu setelah melewati kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Selain itu lokasi ini juga bisa ditempuh melalui Jalan Godean, Sleman.

Gambaran Museum Jenderal Besar HM Soeharto
Pagar dan gerbangnya didominasi cat warna putih, berdiri tinggi, menambah kesan gagahnya seorang Jendral Besar HM Soeharto. Sebelum masuk ke diorama museum ini, pengunjung wajib mengisi buku daftar. Satu rombongan cukup satu orang yang absen sebagai perwakilan, karena dalam buku itu ditulis jumlah rombongan yang datang bersama.

Memasuki museum ini kita akan disambut dengan patung besar Jenderal Besar HM. Soeharto karya seniman Edhi Sunarso bersebelahan dengan batu besar sebagai prasasti peresmian museum. Setelah itu kita masuk dalam pendopo yang memajang multimedia perjuangan beliau serta buku elektronik yang bersebelahan dengan patuh setengah badan Soeharto.

Untuk melihat koleksi lengkap dari museum ini, pengunjung dapat memasuki ruang diorama yang dikemas dengan perpaduan tradisional dan modern. Memasuki ruangan ini, pengunjung akan disambut dengan instalasi roll film yang berisi dokumentasi visual gerak tentang perjuangan beliau, selain itu kita akan disugsuhi diorama perjuangan beliau ketika melakukan koordinasi dengan Pangsar Jenderal Sudirman ketika SO 1 Maret 1949. Di dalam diorama ini kita juga bisa melihat ketika beliau diundang oleh FAO di Roma tahun 1985 untuk mendapatkan penghargaan keberhasilan beliau dalam melakukan swasembada pangan.

Untuk menuntaskan rasa penasaran anda, datang langsung ke museum ini yang beralamatkan di Dusun Kemusuk, Kec Argomulyo, Kab Bantul, DIY. Semoga kedatangan langsung anda dapat memberikan penilaian objektif mengenai sosok Presiden RI kedua ini.

Peta / Arah panduan menuju Museum Suharto



Informasi yang lebih lengkap Museum Jenderal Suharto

  • Alamat lengkapnya : Jl. Nulis - Puluhan, Dusun Kemusuk, Ds. Argomulyo, Kec. Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Kode pos 55752 
  • Website : http://hmsoeharto.com 
  • Nomer Telepon : 0813-2829-3309 
  • Jam buka operasional (Minggu hingga Sabtu)
Sunday 8AM–4PM
Monday 8AM–4PM
Tuesday 8AM–4PM
Wednesday 8AM–4PM
Thursday 8AM–4PM
Friday 8AM–4PM
Saturday 8AM–4PM
Previous
Next Post »