Our social:

Kamis, 27 Oktober 2016

Hari Blogger Nasional 2016 - Ingat Serunya Perjuangan 10 tahun yang Lalu Menghadirkan Koneksi Internet Cepat di Rumah

Rumah saya berada di pinggiran, jauh dari keramaian kota.
Namun, anak saya sudah mengenal Google sejak 10 tahun yg lalu, dia sudah mengerti cara mencari dan mendapatkan informasi yg pas sesuai yang dibutuhkan dari internet.

Masih terekam di kepala, di tahun 2005/2006 Serunya Perjuangan Menghadirkan Koneksi Internet yg cepat di rumah. Waktu itu, koneksi di rumah kami terbilang cukup cepat, malah mengalahkan kecepatan koneksi internet di kampus (yang di-share ke beberapa gedung,kantor,dan fakultas). Perjuangan kami dimulai saat harus memasang antena setinggi 14 meter, kemudian karena koneksinya kurang lancar, saya meminta tolong nitip pasang tiang di rumah tetangga yang memiliki 3 lantai sehingga tidak perlu tiang yang tinggi. Kemudian menarik kabel internet puluhan meter dari rumah ke rumah tetangga itu, dilanjutkan dengan "menembakkan" koneksi ke tower sewaan yang berada di sebelah gedung Puskom Unsoed. .

Semua itu kami lakukan demi menghadirkan koneksi internet yang cepat di rumah. Waktu itu kami menggunakan layanan internet yang disediakan oleh provider Indokom. Jarak rumah yang jauh dan hardware yang teknologinya belum kayak sekarang, menyebabkan kami harus mencoba berbagai macam cara. Impian kami waktu itu adalah mewujudkan RSSI = "Rumah Sangat Sederhana, tapi dalamnya full Internet". Satu-satunya rumah yg punya koneksi internet cepat ... hehe

Namun, Alhamdulillah kami malah bisa sama-sama belajar dari pengalaman itu. Saya dan para teknisi saling berdiskusi, gimana biar koneksiya bisa bagus, lancar, walaupun jaraknya sangat jauh (sekali lagi jangan samakan dengan kondisi saat ini 2016, yaitu 10 tahun kemudian).

Seiring berkembangnya teknologi internet, hardware dan pengetahuan, tahun 2007 kami hanya membutuhkan 2 tiang saja yg disambung dan dipasang di tembok rumah lengkap dengan tali pengamannya, tanpa mengurangi kestabilan koneksinya.

Dan lucunya, jadi sangat mudah mencari rumah kami. Kalau ada yg bertanya, tinggal jawab "Cari rumah yg ada tiang tinggi dan antena internetnya".
-------------------------------

BLOG INDONESIA
Sekarang kita bahas tentang Blog.
Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog.

Saat ini para pelaku industri menyerukan kepada bloger Indonesia tentang semakin pentingnya menguatkan kredibilitas. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa membuat bloger mampu menjadi penyampai pesan sekaligus pembangun opini publik yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Sejak Hari Blogger Nasional dicanangkan dan keterlibatan bloger dalam penyebaran informasi serta pembentukan opini dan persepsi publik kian meningkat, seruan pesan tentang pentingnya blog dengan kredibilitas tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan masih jarang didengungkan

Lantas, bagaimana cara membangun kredibilitas tersebut?

Sebenarnya kredibilitas dapat terbangun dengan sendirinya jika blog yang dipublikasikan memiliki konten-konten yang menarik dan berkualitas.

Kredibilitas tidak dapat dibangun sehari. Di samping latar belakang keahlian, kualitas konten dalam pesan yang disajikan memiliki makna penting dalam membangun kepercayaan pembaca terhadap apa yang disampaikan.

Judul dan paragraf awal sering menjadi target utama perilaku menyimak pesan netizen karena 85 persen pengguna internet menggunakan smartphone. Tulisan yang menarik tidak harus memprovokasi kegaduhan yang menyebarkan pesan-pesan tidak sehat. Semangat untuk bertanggung jawab, tetapi obyektif dan faktual harus dijiwai oleh Blogger Indonesia

Hari ini para blogger Indonesia juga merayakan hari Blogger Nasional.

Semoga para blogger bisa semakin kreatif, inovatif, menyajikan tulisan-tulisan yg makin menarik dan bertanggung jawab.

Selamat hari Blogger Nasional 27 Oktober 2016

0 komentar:

Posting Komentar