Our social:

Selasa, 13 September 2016

Satu Photo Viral yang Menambah 'Panas' Suporter 2 Klub Bola Top Dunia - MUFC dan LFC

Pernahkah melihat foto yg menjadi viral di seluruh dunia, khususnya di UK ini.

Foto tersebut menggambarkan seorang pria berdiri sambil mengangkat Manchester United scarf di antara barisan ribuan supporter Liverpool. Bisa dipahami kalo semua orang akan menganggap bahwa hal itu adalah aksi yang sangat gila, dan boleh dikatakan semacam 'aksi bunuh diri'. Hampir semua orang tahu bagaimana hubungan antar supporter kedua klub besar tersebut (MUFC dan LFC) selama ini.


Sehingga saat foto ini muncul, netizen jadi heboh, terutama suporter kedua tim. Yang satu merasa itu merupakan sebuah aksi yg heroik, sedangkan yang satunya merasa dilecehkan. Banyak orang men-Tweet foto tersebut dalam akun mereka.

Bahkan Wayne Rooney pun ikutan menyebutkan aksi dalam foto tersebut (tanpa menggunggah foto) dalam akunnya, setelah United's 2-1 menang di Stadium Anfield, Liverpool.


FOTO TERSEBUT TERNYATA HASIL REKAYASA
Kenyataannya foto tersebut adalah berasal dari 2 foto yang diolah sedemikian rupa oleh pengguna yang mahir menggunakan software Photoshop, sehingga nampak foto asli tanpa rekayasa.

Beberapa jam setelah foto tersebut menjadi viral, Sportsmail bisa menemukan versi asli dari foto yang pertama, dan ternyata foto tsb diambil bukan di dalam ataupun sekitar the Kop, stadium Anfield.
Versi asli foto tersebut diambil di Bangkok tahun 2013 pada saat Manchester United FC melakukan pertandingan pre-season tour, dan beberapa pecinta MUFC menantikan kedatangan tim United di Bangkok Airport, dan satu orang berfoto sambil mengangkat slayer United di atas kepalanya (seperti dalam foto).


Sementara foto barisan suporter Liverpool di stadium Anfield sebenarnya berasal dari foto dari pertandingan Liverpool FC melawan tim Birmingham pada tahun 2011. Mungkin karen sudah sekian tahun yang lalu, maka orang sudah tidak mengenali foto kedua tersebut berasal.
Satu online pranksters, ynfa, melakukan rekayasa 2 foto tersebut secara nyaris sempurna, mengganti bagian Luis Suarez scarf dari foto 2011 dengan Liverpool scarf yg original untuk menyamarkan penggabungan dengan foto yg pertama.

Referensi:
http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-3007313/Manchester-United-fan-away-scarf-Kop-Anfield-hoax-Wayne-Rooney-fell-it.html

0 komentar:

Posting Komentar