Our social:

Minggu, 18 September 2016

Kalo di UK ada Brexit, maka di Yogya Timur ada Tebing Breksi - Pesona Wisata Baru Bekas Tambang yg Harus Dicoba

Sebuah judul yg mungkin tidak nyambung alias tidak ada hubungannya, tapi Alhamdulillah banyak yang membaca postingan ini ... hehe.

Mari kita membayangkan sebuah bukit batu yg terbentuk dari endapan vulkanik gunung berapi ratusan tahun yang lalu, dan setelah kita berhasil mendakinya melewati undakan demi undakan yg rapi, maka kita akan disuguhi pemandangan indah dari atas. Kita bisa melihat kota Yogyakarta, menyaksikan Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan bahkan kita bisa menyaksikan pesawat terbang landing dan take off di Bandara Adisutjipto dari atas Tebing Breksi ini.



Dimana Letak Tebung BREKSI ?
Tebing Breksi mungkin salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang belum dikenal banyak wisatawan. Tebing Breksi terletak di perbatasan Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, tepatnya di dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman. Posisinya sekitar 1 kilometer dari Candi Ijo, Prambanan.


Sejarah Tebing BREKSI
Tebing Breksi merupakan bekas tambang yang unik lengkap dengan panorama yang menarik. Bekas tambang itu kemudian atas kerjasama warga dan pemda Yogyakarta disulap jadi taman wisata. Pemerintah DI Yogykarta kemudian menggunakan Tebing Breksi sebagai tempat jambora Pramuka.


Kekhasan Tebing Breksi ternyata menyimpan pelbagai jenis batu hasil endapan abu vulkanik dari sebuah gunung berapi purba. Nama gunung itu adalah Nglanggeran Gunung Kidul. Bentuk tebing yang berjajar dengan beragam warna akibat pantulan sinar matahari membuat Tebing Breksi layak jadi destinasi wisata alam yang menawan.

Yang Menarik dari Tebing BREKSI
  • Ada beberapa bagian Tebing Breksi yang diukir menjadi 2 tokoh wayang, dan yang terbaru dan masih dalam proses pengerjaan adalah ukiran di dinding Tebing Breksi, yaitu menggambarkan satu cerita dalam wayang.
  • Ada panggung pentas/pertunjukan dengan konsep tempat duduk melingkar.  Yang menarik lainnya adalah pemandangan akan terlihat cantik setelah petang tiba. Yakni dengan sorot lampu yang berada disekitar panggung yang mengarah pada tebing, Sehingga menghasilkan panorama yang luar biasa indah dan membuat suasana panggung menjadi lebih megah.

Tiket Masuk Tebing BREKSI
Tidak mahal untuk masuk di lokasi wisata Tebing Breksi ini karena belum ada ketentuan tiket masuk untuk tiap pengunjung. Kita hanya diharuskan membayar tiket parkir kendaraan, yaitu : Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus. 
Tapi karena tempat wisata Tebing Breksi ini masih dikelola swadaya masyarakat lokal, sebaiknya kita membayar tiket masuk secara sukarela bebas berapapun. Anggap saja untuk membantu masyarakat lokal sekitar tebing Breksi.


Fasilitas di Tebing BREKSI
Meskipunmasih baru, tapi fasilitas yang disediakan di lokasi wisata tebing Breksi ini lumayan lengkap. Di sana sudah tersedia antara lain
  • Musholla yang unik dan khas karena dibangun dan dihias menggunakan batu asli dari Tebing Breksi 
  • Tempat makan/minum model lesehan. Kita bisa nongkrong di sini sambil lesehan dan menikmati indahnya pemandangan sekitar Tebing Breksi di malam hari
  • Kamar mandi dan Toilet

Panduan Cara Menuju Tebing BREKSI 
Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata heritage Candi Ijo. Untuk bisa kesana, wisatawan dapat menempuh rute Prambanan-Piyungan. Sesampainya di traffic light Pasar Prambanan (jalan raya Solo – Yogya) belok ke selatan menuju Piyungan atau Wonosari. Sekitar 3 kilometer kemudian lihat penunjuk jalan menuju Candi Ijo. Ikutilah jalan naik tersebut.

Peta/map petunjuk jalan menuju Tebing Breksi
Arahnya sama dengan arah jalan menuju lokasi Candi Ijo. Harap mempersiapkan diri, karena jalannya agak sempit dan harus mendaki sampai mendekati lokasi Tebing Breksi.


0 komentar:

Posting Komentar