Our social:

Minggu, 04 September 2016

Jalan-jalan ke Dedham Village - Jika Ingin Menikmati Suasana Pedesaan nan Asri dan Damai di UK

Kami sekeluarga sempat dua kali mengunjungi Dedham Village. Kunjungan pertama kali pada summer (musim panas) tahun 2011,atau sekitar 5 bulan setelah anak-anak datang dari Indonesia dan mulai bersekolah di Colchester UK.
Sebelumnya saya hanya mendengar tentang Dedham dari teman-teman di University of Essex yang sudah pernah mengunjungi Dedham Valey. Mereka sangat merekomendasikan untuk jalan-jalan ke Dedham, mulai dari suasananya, keindahan alamnya, ketenangannya, dan padang rumput/perkebunannya yang sangat luas,enak buat jalan kaki di alam terbuka, khususnya di saat hari sedang cerah.
Pada kesempatan pergi ke Dedham yg pertama kalinya,kami sengaja memilih menggunakan layanan kereta api dari Colchester Train station, karena anak-anak masih kecil, si Abram masih memerlukan buggy untuk berjalan jauh. Dari Colchester Station hanya perlu 10 menit,kemudian berhenti di Maningtree Train Station, kemudian dilanjutkan berjalan kaki ke Dedham Valey.


Nah, disini serunya menikmati perjalanan kaki menuju ke Dedham, kita dihadapkan pada pohon-pohon yang besar kemudian menjumpai padang rumput yang luas dan sungai yang jernih. Jangan khawatir akan tersesat, karena sudah disediakan penunjuk arah ke Dedham di berbagai tempat termasuk peta beserta posisi kita saat itu.

Fasilitas BUS ke Dedham Village
Bus from Colchester Town to Dedham Valey. Semua bis yang akan pergi ke Dedham diberangkatkan dari bus stop di jalan Head street, Colchester Towna atau di depan Cinema.

Atau bisa juga menggunakan layanan Bus nomor 81A. Jadwal bus 81A keberangkatan Colchester-Dedham dan sebaliknya selengkapnya dapat dilihat pada link ini https://bustimes.org.uk/services/set_5-81A-_-y08.

Jadwal bus nomor 102 Colchester- Dedham - Manningtree - Bradfield - Ramsey - Harwich dapat dilihat pada link berikut : https://bustimes.org.uk/services/set_5-102-C-y08
Hanya saja, untuk mengantisipasi keterlambat atau tertinggal bis, usahakan datang ke bus stop (halte) 20 menit sebelum jadwal.
“The sound of water escaping from Mill dams …, willows, old rotten banks, slimy posts and brickwork. I love such things … as long as I do paint I shall never cease to paint such places.” (John Constable)

Dedham Vale Area of Outstanding Natural Beauty

Jalan-jalan ke Dedham yang kedua kalinya adalah pada saat Autumn (musim gugur) tahun 2015, atau kira-kira 4 bulan sebelum kami sekeluarga pulang kembali ke tanah air, Indonesia.
Kali ini, kami mendapat undangan dari teman-teman Malaysia yang tinggal di Colchester untuk datang ke acara Malaysian Society's picnic di salah satu restaurant di Dedham. Alhamdulillah, hubungan kami dengan teman-teman Malaysia sangat baik dan akrab sejak kami datang awal 2011, kami cukup mengenal teman-teman Malaysia mulai dari angkatan (yg datang) 2008 hingga 2015. Ada teman karib mulai dari Tarmizi, Aqi, Shahril, Dr.Sulaiman,Dr. Nasri, Ahmad Hafizal , Khairul Badang, Azrul Khoirul (Ko), An Ismail, dan Amran dari Terengganu serta yang lainnya. (Baca juga Pengalaman-mengirim-barang-pindahan-dgn kontainer dibantu teman2 Indonesia & Malaysia)

Restaurant tempat picnic tadi disamping menyediakan meja/bangku di halaman luarnya,juga menyediakan penyewaan perahu (boat), Nama restaurant-nya adalah Boathouse Restaurant.

Sebelumnya salahsatu teman Malaysia menghubungi pihak Boathouse restaurant dan mengatakan bahwa "kami akan datang dalam rombongan besar, kami ingin meminjam tempat makan yg di luar, tidak membeli makanan dari restaurant, tapi kami akan menyewa banyak perahu/boat dari restaurant tersebut".
Jadi kami masing-masing membawa makanan  sendiri baik makanan berat-kecil ataupun minuman kemudian dikumpulkan dimakan bareng-bareng. Cara ini dikenal dengan istilah Potluck Picnic. Salahsatu alasannya kenapa membawa makanan sendiri (bukan dari restaurant) adalah biar nyaman, lebih mantep makannya dan benar-benar tahu cara memasaknya.
Waktu itu, kami membawa makanan khas Indonesia (made in the UK), yaitu kue terang bulan dan sate ayam, yang langsung habis dalam sekejap. Hehehe, Alhamdulillah


Setelah makan-makan, kami dan teman-teman menyewa boat/perahu. Perahu yang disewakan memiliki 2 dayung di tengah, yang bisa didayung oleh 2 orang kiri-kanan atau hanya 1 orang (menggunakan 2 tangan). Ada 2 staff yang akan membantu dan memberikan penjelasan singkat cara mendayung dan menggunakan perahu tersebut.


Tapi ternyata mendayung perahu itu tidak semudah yang dibayangkan, kayaknya perlu beberapa menit untuk belajar mendayung dan membiasakan diri. Tapi benar-benar seru lho dan anak-anak sangat menikmati saat kami mulai mendayung dan bergantian dengan Fawwaz.
Mereka pun menyanyi



Row, row, row your boat,
Gently down the stream.
If you see a crocodile,
Don't forget to scream.....


BOAT HIRE in Dedham
  • £7.00 for 30 minutes
  • £14.00 for 1 hour
  • £14.00 refundable deposit
  • The Boats can hold 4 adults or 2/3 adults and 2 children depending on their age.
  • N.B. WE ONLY ACCEPT CASH FOR BOAT HIRE.
Normal hours 10am - 5pm (last boat goes out for an hour at 4pm)
Rowing Boats are available for hire March - October.
Term Time - Weekends Only
School Holidays - 7 Days a Week

Keluarga Bpk Hafizal dan Azrul sdg mencoba boat


Bayangkan,meski di Inggris/UK, di Dedham Village, kita bisa menjumpai sapi, kuda, bebek, angsa yang berada di alam bebas, padang rumput yang luas. Asyik khan...
Oya, satu lagi. Di Dedham, kita akan kesulitan melakukan komunikasi. Waktu itu kita sangat kesulitan untuk berkomunikasi lewat telepon seluler. Meskipun,kami sudah menggunakan operator seluler yg terkenal dengan jangkauan terluasnya. Tapi malah benar-benar menikmati suasana pedesaan Dedham tanpa terganggu suara telepon, nada sambung whatsapp, bbm, line atau lainnya.
So, ayuuuk jalan-jalan ke desa Dedham. Very recommended.

Untuk datang ke Dedham Village, bisa langsung menuju alamat atau kodepos berikut ini:
Ketikan CO7 6DE pada satnav atau GPS anda

Address: Visit Dedham Valey
Village Centre,
Dedham, Essex, CO7 6DE
Directions: See location on Google maps
Map reference: TM 057331 Lat: 51.95831 Long:0.99240

0 komentar:

Posting Komentar