Our social:

Kamis, 11 Agustus 2016

WASPADA - TIPUAN "Siapa Lihat Profil Facebook kita" atau "who viewed your profile"

Saya berharap kita selalu berhati-hati dan waspada dengan aplikasi atau website yang mengaku-ngaku bisa melihat siapa yang mengintip profile Anda di Facebook. Aplikasi tipuan ini mengincar pengguna di Indonesia dan sekitarnya. Ada yang berbahasa Indonesia dan ada juga yang menggunakan bahasa Inggris, tapi kurang-lebih semuanya sama.

Menurut data dari perusahaan antivirus, ada ratusan ribu pengguna Facebook (FB) yang sudah menjadi korban aksi tersebut.

Padahal tahun 2010 sudah ada scam "who viewed your profile" yang menyerang seluruh negara bukan cuma di Indonesia.
Ada virus yang serupa pada tahun 2011,dan juga menyerang pengguna FB di Indonesia. Aksi itu dilakukan pelaku dengan mengatasnamakan sebuah kelompok bernama 'Jempolers Indonesia'. Menurut pantauan Vaksincom, sebanyak 750.000 pengguna Facebook dari Indonesia menjadi korban aksi itu hanya dalam waktu tiga hari.
"Jika Anda jatuh menjadi korban, dan menjalankan apa yang diperintahkan, maka secara otomatis Anda akan mengirimkan pesan Facebook Chat ke seluruh kontak Anda," ujar analis antivirus dari Vaksincom

Untuk meyakinkan korbannya, aplikasi jahat ini mengirimkan tulisan di profile korban yang seakan-akan menunjukkan siapa saja teman korban yang pernah melihat profile itu dan seberapa sering.

"Padahal sebenarnya aplikasi atau website tersebut TIDAK ADA dan data posting yang ditampilkan adalah data bohongan yang mengambil data kontak profile dan menampilkan angka jumlah 'views' secara acak,"
Sekali lagi marilah kita berpikir logis saja. Lagian buat apa sih sampai harus tahu siapa aja yang sudah lihat profile dan wall FB kita. 

REFERENSI
1. https://www.facebook.com/help/community/question/?id=10153511836830055
2. http://techforluddites.com/beware-of-who-viewed-my-profile-apps-on-facebook/

0 komentar:

Posting Komentar