Our social:

Sabtu, 13 Agustus 2016

Pemerintah UK melarang Iklan ROKOK, Aturan penjualan rokok juga sangat ketat

Selama 5 tahun lebih tinggal di UK, belum pernah sekalipun menjumpai iklan produk tembakau (rokok) di manapun, contohnya di televisi, di majalah/koran, atau di papan-papan iklan. Coba bandingkan dengan di sini. Di televisi ? rokok hanya dibikin kabur (blurry) tapi tetap ditampilkan sepanjang hari. Anak saya (7 tahun) sampai berkomentar "This government makes everything blurry. What's that for? There is nothing to do with it ".
Television advertising of tobacco products was banned in the UK in 1965 under the Television Act 1964, which was reinforced by an EU directive in the 1980s.
Pemerintah UK pun membuat regulasi tambahan yang berlaku sejak 1 Oktober 2007, yang kurang lebih menyatakan "menjual produk tembakau (termasuk rokok) kepada seseorang yg berumur di bawah 18 tahun adalah melanggar hukum". Kemudian larangan menjual rokok di kendaraan vendor, termasuk "merokok di kendaraan yang ada anak-anak di dalamnya merupakan pelanggaran hukum dan polisi berhak memberhentikan kendaraan tersebut.

Kalau kita pergi ke supermarket, penjualan rokok ditempatkan pada bagian tersendiri dan penjaganya berhak menanyakan kartu identitas si pembeli jika dia tidak yakin dengan umur calon pembeli rokok tersebut. Ibaratnya lebih baik tidak untung daripada menjual rokok kepada under 18 years.
Since 1 October 2007 it has been illegal to sell tobacco products to anyone under the age of 18 (previously 16). A ban on sales of tobacco from vending machines to reduce youth access entered into force in October 2011.
Pada bulan May 2016, mulai diberlakukan aturan hukum yang baru tentang kotak bungkus rokok. Aturan tersebut berbunyi kotak bungkus rokok dibuat seragam, tidak berwarna, tanpa logo dan nama produsen, hanya boleh mencantumkan nama brand dengan jenis huruf, ukuran huruf serta pada posisi yang seragam. Hal ini diberlakukan untuk semua perusahaan rokok tanpa perkecualian.
Start from May 2016, The British legislation, aimed at curbing demand for cigarettes, requires that all cigarettes be sold in uniform packs with all branding, including colors, logos and other trademarks, removed. Companies are only permitted to print the brand’s name, in a uniform font, size, and location, on the pack, alongside health warnings and deterrent images.
Departemen Kesehatan di UK atau NHS (National Health Service), juga memberikan pengarahan dan bimbingan intensif bagaimana berhenti merokok. Bagi warga yang ingin berhenti merokok, NHS akan memberikan dukungan penuh kepada mereka, karena NHS tahu bahwa tidak mudah untuk berhenti merokok khususnya bagi yg sudah kecanduan. Tidak ada tempat khusus untuk rehabilitasi, tapi NHS akan terus memantau dan mengirimkan fasilitas yang dibutuhkan agar berhenti merokok, salah satu contohnya adalah mengirimkan permen nikotin berdosis rendah yang lambat laun akan dihentikan sama sekali (baca di https://www.nhs.uk/smokefree/why-quit).

Terakhir, belajar dari negara Inggris, marilah kita bersama-sama mendorong pemerintah dan parlemen untuk membuat peraturan hukum yang melarang iklan rokok, melarang penjualan rokok kepada anak-anak atau yang berumur di bawah 18 tahun, dan memberikan fasilitas bagi yang ingin berhenti merokok.

Semoga bermanfaat.

-------------------------------------------
Referensi:
1. http://www.politics.co.uk/reference/tobacco-advertising
2. http://ash.org.uk/files/documents/ASH_937.pdf
3. http://www.ash.org.uk/files/documents/ASH_96.pdf
4. http://www.ipwatchdog.com/2015/07/19/big-tobacco-heads-to-court-over-cigarette-plain-packaging-laws/id=59664/

0 komentar:

Posting Komentar