Our social:

Senin, 22 Agustus 2016

Cerita Menarik - Ternyata, Ada Hikmahnya LAPOR DIRI ke KBRI London

Kalau Pergi ke Inggris/UK (England, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara) serta Irlandia Harap Lapor Diri ke KBRI London
Ada cerita menarik yang mungkin akan memberikan contoh nyata yang baik bahwa ada manfaat dari Lapor diri ke KBRI setempat.
Waktu itu minggu terakhir bulan September 2013, saya dan suami baru saja menginjakkan kaki di rumah sekembali dari melaksanakan ibadah haji (baca: pergi-haji-dari-UK.html) . Belum sempat duduk hanya bersalaman dengan ibu, tiba-tiba telepon rumah berdering, langsung teringat kalu baterai handphone sudah habis powernya. Akhirnya sayapun angkat telepon rumah yang berdering lagi,

Ternyata, telepon tersebut dari Bapak Dr. Fauzi (Atase Pendidikan dan Kebudayaan /Atdikbud KBRI London) dan memang mencari saya karena beliau mendapatkan datanya dari Daftar Lapor Diri di KBRI London. Sebetulnya, Beliau sudah menelpon mencoba menghubungi nomor handphone tapi ternyata kondisinya tidak aktif sebelum menelpon rumah rumah di Colchester.

Singkatnya, Beliau meminta tolong saya untuk membantu mahasiswa dari Indonesia yang baru saja tiba di Colchester dan sekarang dalam kondisi sakit. Mas mahasiswa ini, sebut saja V, memiliki history sakit maag yng sudah lumayan. Terus begitu sampai di Colchester, kondisi badannya memburuk setelah menempuh perjalanan yg sangat jauh dari Indonesia, ditambah mas V ini tidak memiliki kontak orang-orang Indonesia yg ada di Colchester. Akhirnya menghubungi pihak Atdikbud, dan selanjutnya mencari data orang-orang Indonesia di sana. Akhirnya pihak Atdikbud menghubungi saya, karena memang pada saat lapor diri di KBRI tahun 2011, saya menuliskan nomor rumah juga pada form lapor diri.

Setelah mencatat alamat mas V di Colchester, sayapun menyiapkan sedikit makanan Indonesia (kata teman2, rumah kami adalah tempat melepas kangen masakan Indonesia hehe), obat-obatan sesuai persediaan kami yang mungkin akan bermanfaat. Kemudian saya ditemani suami pergi mendatangi kamar tinggal mas V, yang ternyata tinggal di University Quayside, salah satu akomodasi milik kampus University of Essex.
Ya, mungkin cerita tadi bisa menjadi satu contoh pentingnya lapor diri di KBRI.

Lapor Diri ke KBRI London 

Setiap masyarakat Indonesia yang datang ke Inggris untuk belajar perlu melaporkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London. Perlu diperhatikan lapor diri ini tidak hanya saat datang saja tetapi juga saat akan pulang ke Indonesia setelah masa studi selesai.


Lapor diri pada Perwakilan RI setempat sangat besar manfaatnya. Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Namun, apabila seburuk-buruknya terjadi sesuatu yang tidak diharapkan pada diri seorang WNI, maka tentunya akan jauh lebih mudah bagi Perwakilan RI (dalam hal ini Bidang Konsuler KBRI London) setempat untuk membantunya jika WNI tersebut sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI.
Bidang Konsuler KBRI London senantiasa berusaha membantu dan melindungi setiap WNI yang menghadapi kesulitan sejauh para WNI juga memenuhi kewajiban-kewajibannya. Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah dan tidak dipungut bayaran apapun.
  • Mohon juga untuk mengisi form pendaftaran mahasiswa Indonesia pada http://atdikbudlondon.com/pendaftaran-mahasiswa/. 
Form pendaftaran ini ditujukan bagi semua mahasiswa Indonesia, mulai dari tingkat A-level/Foundation sampai dengan tingkat Doctorate, yang menempuh studi di Inggris (England, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara) dan Irlandia. Data akan digunakan untuk mengetahui jumlah mahasiswa di Inggris dan Irlandia beserta sebaran jenjang pendidikan, kota, universitas, jurusan dan lain-lain, guna menentukan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selanjutnya.

Daftar ini tidak menggantikan kegiatan Lapor Diri ke Konsuler KBRI London, akan tetapi dapat dijadikan rujukan pengecekan data

0 komentar:

Posting Komentar