Our social:

Kamis, 04 Agustus 2016

Di UK, Buang Sampah dan Recycling Mingguan - Diatur dan Diurusi oleh Pemerintah Daerah (Borough Council)

Di semua negara, sampah dan manajemen-nya selalu menjadi salah satu masalah utama yang harus diselesaikan.

Di Inggris (UK), sampah dan pembuangannya di tangani oleh pemerintah lokal atau disebut borough council. Pemerintah lokal akan menangani sampah, mulai dari pengambilan sampah setiap 1 minggu, sampah yang bisa di-daur ulang (recycled rubbish), sampah kebun/tanaman, hingga pembuangan dan proses recycling-nya
Setiap 1 minggu (sesuai jadwal masing-masing area), mulai pukul 6 pagi ada truk yang berkeliling untuk mengambil sampah dari rumah-rumah. Biasanya warga sudah tahu jadwal untuk wilayahnya sehingga semua kantong dan box sampah sudah dikeluarkan dari rumah pada malam sebelumnya. Harap diketahui: pengambilan hanya 1x, kalau sampah lupa tidak dikeluarkan maka 1 minggu berikutnya baru akan diambil lagi... hehe.

Jadwal pengambilan sampah yg sesuai area tempat tinggal ada di alamat website http://www.colchester.gov.uk/recyclingcalendar

Recycling
Untuk daur ulang (recycling) ada jadwal khusus tiap  minggu yang diberi nama Blue week dan Green week. http://www.colchester.gov.uk/recyclingcalendar

Untuk membuang sampah secara umum menggunakan black rubbish bag (plastik sampah warna hitam). Plastik sampah ini bisa diperoleh/beli dengan mudah di-mana-mana dengan berbagai macam ukuran dan kualitasnya.

Plastik sampah clear (clear rubbish bag) - untuk recycle seperti kertas, karton, aneka plastik
Kotak sampah organik (green waste box) - warna kotaknya hijau digunakan untuk menampung kaleng dan aneka kaca.


Kalau pengalaman saya, saya sudah menyediakan 2 clear rubbish bag, satu kantong untuk menampung kertas, karton (segala aneka kertas) dan yang satunya lagi untuk menampung aneka plastik (seperti botol plastik tempat susu, minuman, kotak ice cream, gelas/piring plastik).
Selain itu sampah kaleng dan aneka kaca,saya tampung di green box. Semua sampah daur ulang tersebut sudah dalam keadaan bersih.

Tujuannya (1). ikutan program green environment dengan daur ulang, (2). biar kantong sampah umum tidak cepat penuh, ingat sampah diambil tiap 1 minggu, sekaligus bisa berhemat karena plastik yang hitam ini harus beli sendiri. (3). bisa memberi contoh langsung bagi anak-anak untuk ikutan men-daur ulang sampah aneka kertas/karton, atau aneka plastik.

Anak-anak pun senang dan menjadi terbiasa membuang sampah yang bisa di-daur ulang pada kantong plastik yang sudah saya sediakan. Dan ketika jadwal pengambilan sampah, mereka rela membantu menaruh kantong-kantong sampah daur ulang itu ke luar rumah.


Order bag bisa dilakukan secara online di http://colchesteras.firmstep.com/default.aspx/RenderForm/?F.Name=X84gV2A5UHm. Tapi sekarang sepertinya sudah berubah,hanya order garden waste bag atau yang punya special arrangement (seperti disable people) yang akan dilayani dan dikirim secara gratis.

Yang perlu diperhatikan adalah jadwal pengambilan sampah yang sesuai areanya, jangan kelupaan atau jangan dibuang di luar rumah terlalu awal (misal 3 hari sebelumnya) karena pasti akan menganggu kenyamanan tetangga dan ada kemungkinan akan komplain.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar