Sekolah Dasar/Menengah di Inggris punya Jabatan School Prefect. Apa sih School Prefect itu ?


Di sekolah di Inggris/UK, mulai dari sekolah dasar hingga secondary school, anak-anak sudah dilibatkan dalam beberapa kegiatan yang serius serta berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab. Hal ini dilakukan membantu mereka memahami fungsi dan tugas mereka dalam kehidupan bermasyarakat.
As part of our citizenship education, we believe that children need to experience duties and responsibilities that come with being a member of a community in order to help them prepare to play an active role as citizens.
Pihk sekolah akan menunjuk beberapa murid yang senior untuk mengontrol murid-murid yang junior untuk mematuhi aturan sekolah, Mereka menyebut nya "School Prefect".
Becoming a prefect is a great way to end time at your school, and is a massive advantage for you in the future. Research shows that many successful business people held positions of responsibility while they were at school, and school prefect looks great on anyone's CV. So if you were one of the lucky ones, congratulations!
Bagi saya, yang menarik adalah cara sekolah Adel menunjuk murid senior sebagai prefect tersebut. Sekolah tidak menunjuk langsung, dan tidak juga menggunakan cara pemilihan/voting.
Sekolah menganggap Prefect ini sbg sebuah job. Jadi sekolah memberikan aplikasi form kepada seluruh murid senior (kelas 5 dan 6) tanpa pilih-pilih, dan bagi murid yang tertarik dg job ini, mereka harus menulis sejumlah kata yang isinya adalah "kenapa sekolah harus memilih mereka menjadi seorang prefect?". 
Prefect is one of the top roles a student can have at a school. You are now working with the teachers to create a better place to learn, and a mature, helpful prefect is sure to be trusted.
Anak saya, Adel merasa dirinya pantas manjadi seorang prefect di sekolahnya dan memang dia berkeinginan menjadi salah-satu prefect. Dengan alasan tersebut, dia mencoba convince sekolah untuk memilih dirinya :) Diapun mulai menulis pada aplikasi form yang sudah disediakan oleh sekolah itu, tentu saja TANPA bantuan saya.

Jujur, saya suka gaya tulisannya, pilihan kata-katanya yang formal, penggunaan grammar yang akurat, menyertakan alasan kenapa dia layak dipilih sebagai prefect di sekolahnya, dan tidak lupa mengapresiasi orang yang sudah membaca tulisannya.

Adel's application letter to be a prefect
Welldone, Adel.
Previous
Next Post »