Jalan-jalan ke Clacton-on-Sea sambil Menikmati Serunya Acara Tahunan Clacton Air Show 2015

Sudah kesekian kalinya kami mengunjungi Clacton-on-Sea dan menikmati permainan di Clacton Pier ataupun bermain di pantai. Pernah juga pergi ke Clacton hanya untuk mengantar Adel dan Fawwaz yang ada performance (pertunjukan) di gedung teater Clacton. Selama ini, mereka bergabung dengan salah satu Drama club di Colchester.
Clacton-on-Sea berjarak kurang lebih 19,3 mil dari Colchester, bisa dicapai menggunakan transportaso bus First nomor 74 dan 76, kereta East Anglian,atau mobil.

Clacton Air Show ini merupakan event tahunan yang diadakan di Clacton-on-Sea, sekitar 20 - 30 menit dari Colchester. Pada tahun 2015, acara ini dilaksanakan pada tangga 27-28 Agustus, sedangkan untuk tahun 2016 ini, diagendakan pada tanggal 25-26 Agustus,yaitu hari Kamis & Jumat.

Mungkin bagi yang sudah pernah datang ke Clacton-on-Sea sebelumnya akan sedikit kaget dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Clacton pada acara Air Show. Pernahkah membayangkan pantai Clacton penuh sesak dengan penonton baik anak-anak maupun dewasa.

Sudah jadi budaya masyarakat di UK, setiap melancong/berwisata. mereka selalu membawa perlengkapan seperti kursi lipat yg ringan, tenda, alas untuk duduk-duduk selain makanan untuk bekal keluarga mereka.

Event Clacton Air Show dibuka dengan musik dari Radio Heart mulai dari pagi. Kemudian pada acara atraksi pesawat di awali oleh munculnya 1 pesawat mini dari Air Total menyapa para penonton di area pantai Calcton-on-sea.


Waktu itu kami sekeluarga pergi bareng, karena anak-anak masih libur summer. Beberapa hari sebelumnya kami memutuskan untuk menggunakan fasilitas antar jemput yang disediakan oleh Trending Council dan panitia Clacton Air Show. Jadi mobil kami parkir di area Clacton Factory Outlet dan kemudian tinggal membayar £5 (per mobil) untuk bisa naik ke Shuttle bus yang sudah disediakan. Alhamdulillah semua menikmati alternatif transportasi ini.


Kami pikir ada beberapa keuntungan kalo naik shuttle bus ini :
  • kita tidak perlu berkendara ke Clacton-on-Sea langsung, cukup berkendara 10-15 menit dari rumah di Colchester ke Clacton Factory outlet.
  • tidak perlu merasakan kemacetan ketika berangkat dan pulang, karena atraksi air show pasti akan menarik banyak pengunjung ke Clacton-on-sea
  • tidak perlu repot mencari-cari tempat parkir, yang pasti tidak mudah karena ada acara Air show. Dan kalaupun dapat, kita harus bayar tarif parkir per jam juga, dan mungkin totalnya bisa >£5
  • dengan menggunakan layanan shuttle bus ini, kita akan diturunkan di dekat arena air show, hanya tinggal menyeberang jalan
  • Serta 1 lagi, kita akan menikmati jalur alternatif, yang mungkin tidak pernah kita lewati sebelumnya. Ada sawah, ladang, danau, lembah, gunung  (Halah !!)
Kalau tidak salah, tahun 2016 ini,kayaknya ongkosnya dinaikan jadi £10 per mobil.

Ada beberapa shuttle bus yang mengantar dari Clacton factory outlet car park ke tempat pertunjukan air show di Clacton-on-Sea dan sebaliknya.


Oya, jangan lupa siapkan kamera dengan lensa zoom, biar bisa mengambil foto atraksi pesawatnya lebih dekat. Waktu itu saya bawa kamera dengan lensa AF-S Zoom-Nikkor ED 50-200mm f/4-5.6G DX VR, yang bagi saya udah cukupan mengikuti gerakan dan kecepatan pesawatnya.
Sedangkan Fawwaz yang membawa kamera bridge mengeluh tidak bisa mendapatkan gambar yang memuaskan, akhirnya dia hanya menggunakannya untuk merekam video setiap atraksi pesawat di Clacton Air show 2015.




Kebanyakan penonton menunggu-nunggu atraksi dari Tim Akrobatik Royal Air Force RED ARROWS. Apa sih Tim Red Arrows itu ?
The Red Arrows, officially known as the Royal Air Force Aerobatic Team, is the aerobatics display team of the Royal Air Force based at RAF Scampton. The team was formed in late 1964 as an all-RAF team, replacing a number of unofficial teams that had been sponsored by RAF commands. The Red Arrows badge shows the aircraft in their trademark diamond nine formation, with the motto Éclat, a French word meaning "brilliance" or "excellence".
Begitu, sang presenter dan komandan tim berteriak memanggil nama The Red Arrows, dalam hitungan sepersekian detik muncullah Tim Akrobatik pesawat Red Arrows di atas pantai Clacton-on-sea dengan kecepatan super dan suara yang menggelegar, diiringi tepuk tangan serta sorak sorai penonton.

Banyak jenis atraksi dan koreografi yang ditampilkan oleh tim Red Arrows ini. Salah satunya ada 1 pesawat yang terbang sambil membuat lingkaran seperti gerakan berguling-guling dan beberapa pesawat terbang berada di tengahya.


Tim akrobatik pesawat RAF Red Arrows menutup atraksinya dengan sangat cantik,yaitu terbang ke atas tinggi melengkung dari 2 arah berbeda dan bertemu lagi di tengah sehingga membuat 1 bentuk heart dan 1 pesawat terbang cepat menembus tepat pada bagian tengah heart tersebut,sehingga menjadi 1 heart yang tertusuk. That was awesome, really !

Oya, sebagai informasi kalaupun ada yang terlanjur melewatkan acara Clacton Air Show ini, kita bisa melihat Atraksi Tim RAF Red Arrows di tempat lainnya. Cek jadwal atraksi mereka di http://www.balilondon.id/2016/08/jadwal-tim-akrobatik-royal-air-force.html
Clacton-air-show 25-26 Agustus 2016

Previous
Next Post »