Mum, First School Day Here is Scary !


Itulah komentar Adel ketika kami ngobrol apa aja yang harus disiapin pada hari pertama sekolah. 
Adel pun memberi penjelasan kenapa dia komentar seperti itu.  Menurut pengalaman Adel sewaktu sekolah di UK, pada hari2 terakhir sekolah sebelum kenaikan kelas,  murid2 diperkenalkan terlebih dahulu kondisi kelas berikutnya.
Misalkan saat Adel kelas 4 lalu, ada kegiatan dimana Adel dan teman2nya sekelas diajak melihat kondisi kelas 5.  Kegiatan tersebut sekaligus memperkenalkan guru2 mereka saat kelas 5 nanti. Calon guru kelas 5 merekapun terlibat dalam acara perkenalan tersebut dan berkenalan dengan calon murid mereka. Guru2 tsb juga memberi penjelasan secara umum apa saja yang sudah dikerjakan oleh kakak kelas mereka yg saat itu akan naik kelas 6, termasuk hasil2 prakarya,  tulisan, dll. Sehingga hari pertama sekolah pada tahun ajaran baru, mereka sudah jelas dimana kelas mereka.


Adel membandingkan dengan sekolah disini,  ga ada kegiatan semacam itu. Anak2 disini harus menunggu hasil report  apakah mereka akan naik ke level berikutnya atau tetap dilevel yg sama. Sedangkan di UK tidak ada sistem spt itu, artinya anak2 selalu move up to the next level whatever the children's condition are.
Kemudian,(di Indonesia) saat mereka dinyatakan naik ke level berikutnya pun, mereka belum tahu siapa guru mereka berikutnya, belum juga tau kondisi kelas baru mereka. "It's bit scary for me, because I don't know what my class tomorrow looks like and I don't know what's my teacher name", demikan Adel komentar.

Itulah pendapat anak kami, Adel (year 6), yang sudah merasakan pendidikan di UK selama 5 tahun lebih, mulai dari kelas reception (kelas nol) sewaktu umur 4 tahun hingga year 5 (kelas 5).

#di Kereta Joglokerto
Previous
Next Post »