Our social:

Kamis, 23 Juni 2016

(Bagian #3) Mengirim Barang Pindahan dengan Menyewa 1 Kontainer dari UK ke Indonesia

Sambungan dari Bagian #2

Setelah semua barang masuk ke kontainer, proses berikutnya adalah tanda tangan berita serah terima barang ke driver (sopir pengantar)

Perlu di-ingat, usahakan semuanya ada dokumentasinya baik dokumentasi tertulis maupun digital. Kalau perlu ada videonya, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk foto kontainer, nomor2 kontainernya, nama perusahaan penyedia kontainernya, nomor seal penutup pintu kontainer, plat nomor truk trailer-nya.

Terus 1 lagi, foto bareng sama sang driver-nya.
Biasanya ini malah driver-nya yang minta .... hahaha.

Setelah kontainer sampe di Indonesia
Sebelum kontainer benar-benar sampai di pelabuhan tujuan di Indonesia, company pengiriman terus memberikan hasil tracking posisi terakhir kapal pembawa kontainer. Kemudian 3 hari sebelum tiba di pelabuhan Indonesia, kita sudah dikirimi pemberitahuan.

Kemudian kita diminta mengurus surat pengeluaran kontainer, surat bebas bea masuk. Setelah selesai dokumen-dokumennya, kita diminta datang untuk menyaksikan pemeriksaan isi kontainer oleh bea cukai pelabuhan.
Menurut petugas di lapangan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba dan perdagangan barang-barang ilegal dari luar negeri. Semuanya dilakukan oleh petugas dari bea cukai, mulai dari pembukaan segel kontainer, penurunan barang satu-satu, pemeriksaan, hingga pengepakan kembali setelah semua diperiksa. Kita datang sebagai saksi, untuk menjaga semua barang kita.

Oya, kalau bisa semuanya di-dokumentasikan, terutama segel yang baru dari pihak pabean. Bentuk dan ukuran segelnya lebih kecil dari segel company UK.

Saat pertama kali kontainer tiba di rumah

Proses selanjutnya, pengiriman kontainer menggunakan truk trailer yang disediakan oleh perusahaan di pelabuhan. Kita tinggal menunggu hingga tiba di alamat kita.
Yang harus kita lakukan pertama kali adalah men-cocokkan kembali nomor seri (kode) kontainer dan periksa keadaan segel kontainer. Setelah cek semuanya dan kondisinya ok, selanjutnya segel bisa dilepas dan kontainer bisa kita buka.




0 komentar:

Posting Komentar