Dokumen Apa saja Yang Diperlukan utk Mengirim Barang Pindahan dari Luar Negeri dengan Sewa 1 Kontainer

Ketika ingin sudah selesai studi di Inggris dan ingin mengirimkan barang-barang pindahan ke Indonesia, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dari Inggris/UK.

Nanti ada juga dokumen-dokumen yang harus diisi sewaktu akan mengambil barang2 di pelabuhan tujuan (di Indonesia)





Dokumen yang harus disertakan dalam pengiriman barang
  1. Mengisi borang dari pihak penyedia jasa kontainer dan pengiriman
  2. Mengisi surat perjanjian dengan pihak pengirim
  3. Membuat daftar barang-barang apa saja yang akan dikirimkan dan di-stempel oleh pihak KBRI (dalam hal ini KBRI London)
  4. Menyertakan asuransi barang. Hal ini bersifat wajib dan akan berguna ketika terjadi sesuai di perjalanan.
  5. Fotocopy paspor

Dokumen untuk pengambilan barang di Pabean/pelabuhan tujuan di Indonesia:
  1. Surat Lulus/Ijazah
  2. Surat pindahan dari KBRI
  3. Paspor dan bukti visa (ijin tinggal) di UK yang dipakai selama ini

Setelah kontainer sampe di Indonesia
Sebelum kontainer benar-benar sampai di pelabuhan tujuan di Indonesia, company pengiriman terus memberikan hasil tracking posisi terakhir kapal pembawa kontainer. Kemudian 3 hari sebelum tiba di pelabuhan Indonesia, kita sudah dikirimi pemberitahuan.

Kemudian kita diminta mengurus surat pengeluaran kontainer, surat bebas bea masuk. Setelah selesai dokumen-dokumennya, kita diminta datang untuk menyaksikan pemeriksaan isi kontainer oleh bea cukai pelabuhan.
Menurut petugas di lapangan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba dan perdagangan barang-barang ilegal dari luar negeri. Semuanya dilakukan oleh petugas dari bea cukai, mulai dari pembukaan segel kontainer, penurunan barang satu-satu, pemeriksaan, hingga pengepakan kembali setelah semua diperiksa. Kita datang sebagai saksi, untuk menjaga semua barang kita.

Oya, kalau bisa semuanya di-dokumentasikan, terutama segel yang baru dari pihak pabean. Bentuk dan ukuran segelnya lebih kecil dari segel company UK.

Saat pertama kali kontainer tiba di rumah

Proses selanjutnya, pengiriman kontainer menggunakan truk trailer yang disediakan oleh perusahaan di pelabuhan. Kita tinggal menunggu hingga tiba di alamat kita.
Yang harus kita lakukan pertama kali adalah men-cocokkan kembali nomor seri (kode) kontainer dan periksa keadaan segel kontainer. Setelah cek semuanya dan kondisinya ok, selanjutnya segel bisa dilepas dan kontainer bisa kita buka.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
2 Mei 2017 16.30 ×

Kemana saya harus menghubingi Bapak terkait informasi lebih lanjut tentang pengiriman baran dan harga yang dibutuhkan, pak? terima kasih. Salam

Congrats bro Arie Vatresia you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar