Car Boot Sale, 5 Hal yang Harus Diketahui Tentangnya

Car boot sales or boot fairs are a form of market in which private individuals come together to sell household and garden goods. They are popular in the United Kingdom, where they are often referred to simply as 'car boots'.

Kata car boot sale merujuk pada waktu awal dulu berarti penjualan barang-barang menggunakan bagian bagasi/belakang mobil. Car boot sale sangat populer di wilayah UK, khususnya dimulai pada akhir musim semi (spring) hingga pertengahan musim gugur (autumn) dan diselenggarakan pada weekend, sabtu atau minggu pagi-siang.

Mendatangi lokasi car boot sale adalah salah satu hoby kami, ketika tinggal di UK. Hampir setiap hari Minggu pagi, kami datang ke sana, kecuali ada kegiatan atau hari sedang hujan (karena hampir pasti tidak ada yang jualan juga). Banyak teman-teman Indonesia, yang kami ajak atau tertarik datang ke carboot sale. Ada yang langsung tertarik, ada juga yang awalnya kelihatan tidak mau tapi akhirnya tertarik juga.

Berikut ini, 5 hal tentang car boot sale yang harus Anda ketahui.




1. Awalnya, car boot sale diperuntukkan untuk pengumpulan dana bagi kegiatan sosial (fund raising). Dulu, semua barang dijual untuk amal. Kegiatan charity memang sangat identik dengan masyarakat UK.

2. Hampir tidak ada penjual professional yang ikut serta, kebanyakan penjualnya adalah orang-orang yang ingin mengurangi barang-barang yang ada di rumah mereka. Umumnya barang-barang tersebut sudah tidak mereka perlukan lagi (unwanted items).

3. Barang-barang yang dijual tidak semuanya barang yang sudah terpakai. Kami sering mendapati barang-barang yang masih tersegel rapi, dan kondisi seperti baru. Oleh para penjualnya, barang-barang dlm car boot sale dijual murah.

4. Di akhir-akhir masa car boot sale (Oktober-November), biasanya penjual melakukan obral besar-besaran atau bahkan ada yang memberikan item tambahan gratis kalau kita membeli barang dari penjual tersebut. Bagi mereka, yang penting tidak perlu membawa pulang lagi barang-barang yang masih tersisa. Seperti pengalaman kami, bisa mendapatkan 10 barang hanya dengan membayar £1, artinya 1 item = 10p (= Rp1.750). Atau kami hanya beli 1 aksesories, tapi diberi bonus 2 mainan.


5. Meskipun ini, penjualan barang-barang terpakai, baru tapi nggak diperlukan lagi alias unwanted items, tapi kami bisa melihat dari kendaraan yang datang: mulai dari brand ternama seperti BMW, Jaguar, Mercedes dan baik yang baru  atau yang lama pun ada. Jadi car boot sale tidak melulu untuk kalangan menengah ke bawah. Karena memang tradisi masyarakat UK, kalau cuaca cerah/panas, adalah pergi ke luar rumah, jalan-jalan, bermain2 bersama keluarga, ataupun picnic di atas rerumputan.
The term refers to the selling of items from a car's boot. Although a small proportion of sellers are professional traders selling goods, or indeed browsing for items to buy, most of the goods on sale are used personal possessions. Car boot sales are a way of attracting a large group of people in one place to recycle useful but unwanted domestic items that otherwise might have been thrown away.



Previous
Next Post »