(Bagian #2) Ukuran Kontainer dan Proses Pengapakan Barang

Lanjutan dari Bagian #1 Pengalaman Mengirimkan Barang Pindahan ke Indonesia

Oya, kalau mau lihat ukuran kontainer, berikut ini kami postingkan ukuran detil masing-masing kontainer yang bisa digunakan untuk mengirim barang pindahan. Umumnya sih, para student menggunakan ukuran 20 atau 40 feet.


Sebelum memutuskan untuk menyewa 1 kontainer , kami banyak berkonsultasi dengan teman-teman Malaysia, terutama Bapak Hafizal dan Khairul Badang, karena waktu itu belum ada teman Indonesia yang menyewa 1 kontainer sendiri untuk kirim barang2 pindahan ke tanah air.


Setelah memesan/booking 1 kontainer, kami memulai pengepakan barang. Pertama, kami pilah-pilah barang yang akan dimasukkan ke kotak karton, mana yang akan dilepasi (preteli) terus mana barang yang memang harus dibawa utuh. Waktu itu, kami gunakan 1 ruang, khusus untuk menumpuk barang-barang yang sudah dimasukkan box karton.
Meskipun kami sudah memulai 1 bulan sebelum tanggal pengiriman, masih saja ada yang belum bisa di-packing karena mungkin masih terpakai, seperti TV, meja belajar.


Beberapa hari sebelum hari-H (kontainer datang) untuk mengambil barang-barang pindahan kita, sebaiknya kita menghubungi semua teman dan meminta pertolongan mereka untuk mengangkat dan menata barang ke kontainer. Harap diketahui, pada hari H tersebut, yang datang hanya  trailer dengan 1 driver, dan kontainer-nya.
Jadi tidak ada tenaga dari pihak penyedia kontainer, dan mereka memberikan waktu hanya 3 jam untuk memasukkan semua barang-barang kita ke dalam kontainer. Kalau melebihi batas waktu tersebut, maka akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Alhamdulillah, waktu itu teman-teman Indonesia dan Malaysia banyak yang datang membantu. Mungkin karena selama ini (sejak 2011) kami juga sudah membantu teman-teman Malaysia untuk mengangkat barang pindahan mereka yang mau kembali ke negaranya .


Dilanjutkan ke Bagian #3 Pengalaman-Mengirim-Barang-Pindahan-dg Sewa Kontainer

Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan tulis di bagian komentar di bawah ini.
Terima kasih



Previous
Next Post »