Our social:

Senin, 06 Juni 2016

2016, Puasa Terpendek Kami setelah 5x Ramadan Berpuasa 20 jam sehari

Kali ini Umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memulai ibadah puasa Ramadan mulai Senin, 6 Juni 2016. Otorita Islam di Arab Saudi dan di Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, mengumumkan bahwa awal Ramadan jatuh pada 6 Juni.


Bagi kami sekeluarga, tahun ini kami merasakan puasa terpendek setelah lima kali Ramadhan tinggal di UK dan berpuasa hampir 20 jam sehari.
Jadi kami hanya memiliki waktu lebih kurang 4 jam antara Maghrib sampai dengan Subuh.

Karen minimnya waktu tadi, ada guyonan sewaktu di UK, "jangan tidur sebelum Maghrib, sebab bisa2 ketika kamu bangun sudah harus puasa lagi" alias "belum sempat berbuka sudah harus puasa lagi ... hehe"

Sholat berjamaah yang penuh sampe ke area parkiran
Di seluruh UK sendiri, banyak kegiatan yang dibuat dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, termasuk di London ada festival buka puasa terpanjang yaitu di sepanjang footpath (trotoar) di area London yang dipakai untuk menggelar makanan dan minuman menjelang saat Adzan Maghrib. Namun tidak hanya kaum Muslim yang ikut serta acara buka puasa ini, namun juga kaum non-Muslim yang kebetulan sedang di London, baik para wisatawan maupun warga sekitar London.

buka puasa terpanjang di London
Alhamdulillah, kami sekeluarga bisa berpuasa hampir 20 jam sehari selama sebulan penuh termasuk anak saya yang waktu itu mulai berpuasa panjang ketika umur 10 tahun. Yang menarik justru teman-temannya di sekolah yang merasa khawatir dan bersimpati.
Oya, sebelum Ramadhan tiba, kami berkomunikasi dulu dengan pihak sekolah khususnya guru wali tentang ibadah puasa ini, kami beritahukan bahwa anak-anak akan menjalankan ibadah puasa jadi tidak makan dan minum di sekolah. Karena biasanya pihak sekolah mengkhawatirkan tentang kondisi anak-anak yang berpuasa panjang. Alhamdulillah saat ini, media-media di UK sudah ramai memberitakan tentang Ramadhan sehingga masyarakat pun sudah paham tentang ibadah puasa ini.

don't worry, you wont feel lonely

Di waktu winter (musim dingin), waktu siangnya lebih pendek. Adzan Subuh mulai pukul 6.50 pagi dan adzan Maghrib berkumandang pukul 3.30, sehingga waktu puasanya hanya sekitar 8 jam, dan sahur terasa seperti sarapan karena jam 6.30 pagi .. hehe.
Meskipun waktu berpuasanya hanya 8 jam, tetapi karena sedang musim dingin dan perut dalam keadaan kosong maka kondisi badan akan mengalami cobaan tersendiri. Saya pernah mengalami sendiri saat berpuasa sunnah di bulan Desember, badan sempat terasa gemetar dan menggigil.

Winter Wonderland

Sebagai penutup, saya ingin menekankan bahwa Allah itu Maha Adil dalam menetapkan segala sesuatu.
Sebagai contoh, puasa 20 jam, awalnya keliatan berat tapi karena cuaca tidak terlalu panas dan banyaknya aktivitas membuat kondisi tubuh tetap Ok dan tidak terasa waktu 20 jam itu.
Puasa 13 - 14 jam (seperti di Indonesia), mungkin awalnya akan terasa berat bagi kami, karena terbiasa dengan cuaca yang dingin/sejuk di bawah 18 derajat Celcius.
Puasa pendek hanya 8 jam keliatannya sangat mudah tapi dalam cuaca sangat dingin, karena pasti saat winter juga berat bagi tubuh. Apalagi selama 1 bulan penuh setiap hari.

Sambutan PM Inggris, David Cameron, menjelang datangnya bulan Ramadhan


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar