Cara Bisa Kuliah Gratis di UK

Cara mencari dan mendapatkan beasiswa kuliah di UK Bachelor (S1), Master (S2), PhD (S3)

Beasiswa

Kuliah di luar negeri itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setiap orang yang ingin kuliah ke luar negeri, termasuk ke UK, pasti juga ingin mencari tahu tentang beasiswa yang tersedia. Banyak orang bilang cari beasiswa di UK itu susah, namun sebenarnya banyak juga kok kesempatan-kesempatan buat orang Indonesia untuk mendapatkan beasiswa, mulai dari S1 sampai S3, dari beasiswa umum (berlaku di seluruh UK) sampai beasiswa dari masing-masing universitas. Untuk mempermudah pencarianmu, PPI UK telah merangkum beberapa beasiswa yang tersedia untuk warga negara Indonsia yang ingin melanjutkan studi di UK. Namun, bukan berarti tidak ada beasiswa lain selain yang tersedia di halaman ini. Gunakan Google dengan pintar dan jangan menyerah mencari. Good luck!




Beasiswa Umum

1. Chevening Awards | Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah United Kingdom melalui Foreign & Commonwealth Office. Beasiswa ini adalah beasiswa S-2 yang meliputi biaya kuliah, biaya perjalanan, dan biaya hidup. Lebih lengkap silahkan buka di sini.
2. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) | Beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini disalurkan untuk WNI yang berminat melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri. Beasiswa diperuntukkan untuk jenjang S-2 dan S-3 serta untuk riset dan disertasi. Lebih lengkap dapat dilihat di sini.
3. Beasiswa Dikti | Beasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini ditujukan untuk WNI yang berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas dalam negeri. Jenjang yang dapat ditempuh adalah S-2 dan S-3. Informasi lebih lanjut silahkan membuka di sini.
4. Beasiswa Unggulan | Beasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini adalah beasiswa untuk para pelajar Indonesia yang berprestasi baik di dalam maupun di luar negeri. Beasiswa ini sendiri didanai oleh APBN. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka di sini.
5. Beasiswa SPIRIT (Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution) | Beasiswa SPIRIT adalah beasiswa yang disediakan untuk Pegawai Negeri Sipil untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-2 dan S-3 baik di dalam maupun di luar negeri, dan juga beberapa program non-degree. Untuk informasi lengkapnya silahkan buka di sini.
6. The IDB (Islamic Development Bank) Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP) | Beasiswa IDB adalah beasiswa untuk program PhD dan Post-Doctoral. Terdapat tiga buah skema beasiswa, dan untuk pelajar Indonesia jatuh pada skema Merit Scholarship Programme for High Technology. Informasi lebih lanjut bisa dibuka di sini.
7. Beasiswa Jardine Foundation | Jardine adalah sebuah perusahaan multinasional yang memberikan beasiswa untuk pelajar di Cambridge dan Oxford University yang berasal dari negara di mana Jardine beroperasi, seperti Singapura, Hongkong, Malaysia dan Indonesia. Beasiswa diberikan kepada pelajar di bawah 25 tahun. Informasi lengkapnya bisa dibuka di sini.
Informasi tentang beasiswa lainnya bisa dibuka di: http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/beasiswa/. Untuk mencari beasiswa dari UK, dapat juga membuka: http://www.scholarship-search.org.uk/
Previous
Next Post »