Senyum PNS akan lebih sumringah dengan Gaji ke-14

Apa yang ditunggu-tunggu para abdi negara di pertengahan tahun? Apalagi kalau bukan tambahan penghasilan yang diberikan pemerintah berupa pencairan gaji ke-13.

Senyum para pegawai negeri sipil (PNS) bakal lebih sumringah pada tahun ini. Sebab selain gaji ke-13, mereka juga untuk pertama kalinya akan menerima gaji ke-14 berupa tunjangan hari raya (THR).

Maklum, selama ini THR hanya diberikan kepada pegawai swasta untuk memenuhi kebutuhan saat perayaan Hari Lebaran maupun Natal.

Namun kabarnya kebijakan pemberian THR hanya berlaku sementara, berlaku pada 2016. Selanjutnya pemerintah akan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan ini.

Pengganti Kenaikan Gaji


Pemberian kenaikan gaji bukan serta merta ada tanpa sebab. Pemerintah memutuskan untuk menambah penghasilan PNS berupa gaji ke-14 sebagai pengganti kenaikan gaji yang ditiadakan pada 2016 ini.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku, pemerintah memberikan pendapatan ekstra kepada PNS berupa gaji ke-13 dan gaji ke-14 tahun ini dengan melihat kondisi nasional.

Dia menjelaskan pemerintah belum dapat merealisasikan kenaikan gaji PNS untuk tahun 2016 karena harus menunggu tercapainya pertumbuhan ekonomi nasional hingga 7 persen. Pada tahun ini, pemerintah menargetkan perekonomian hanya tumbuh 5,3 persen.

Rencananya Cair Jelang Lebaran
Usai menjadi ketetapan pemerintah, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pencairan  gaji ke-14 segera dilakukan. Rencananya para PNS akan menerima penghasilan lebih ini menjelang momen Lebaran 2016. Adapun Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Dijelaskan bahwa, gaji ke-14 akan dibayarkan lebih dulu dibandingkan gaji ke-13. Alasannya, gaji ke-13 diberikan untuk membantu PNS membayar kebutuhan pendidikan keluarga atau anaknya saat memasuki tahun ajaran baru.

Sementara gaji ke-14 diberikan menjelang pelaksanaan Lebaran. Pada momen ini, para PNS harus dihadapkan pada kebutuhan pangan dan sandang sebagai bentuk perayaan.



Benarkah ? Mari kita tunggu saja
Have a nice day for everyone

Previous
Next Post »