2 Macam Ujian Permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Inggris

Sebagai warga pendatang di Inggris dari Indonesia, kita diperbolehkan mengemudi kendaraan dengan memakai SIM Indonesia (tidak perlu membuat SIM Internasional) selama 1 tahun.
Untuk tahun berikutnya kita disyaratkan membuat SIM Inggris (UK Full Driving License). Sebaiknya proses permohonan pembuatan SIM Inggris sudah dimulai sebelum masa 1 tahun tersebut berakhir tapi jangan terlalu awal juga ... hehehe, misalnya mulai pada bulan ke-6, karena manfaatnya kita sudah terbiasa mengemudi di jalan2 Inggris, mengetahui budaya dan peraturan mengemudi di Inggris.

Ada 2 jenis ujian dalam proses permohonan SIM Inggris
1. Ujian Teori
Ujian teori SIM ini menggunakan komputer, dengan setiap pemohon SIM menggunakan 1 komputer yang berbeda. Jangan dikira ujian teori ini akan sangat mudah, tapi ternyata susah, banyak yg tidak lulus.
Atau beberapa orang dinyatakan lulus setelah mencoba kesekian kali ujian teori.

2. Ujian Praktek
Ujian praktek di sini benar-benar dilakukan di jalan dengan didampingi 1 penguji. Ujian praktek akan meliputi berkendara di jalan dalam kota dan jalan motorway. Penguji akan membawa 1 bendel dokumen yang berisi kriteria2 berkendara yang benar. Pada akhirnya nanti penguji akan memberikan skor dalam setiap poin kriteria, misalnya : apakah kecepatan laju kendaraan sesuai dengan rambu-rambu batas kecepatan, contoh lainnya adalah bagaimana cara berbelok apakah kita memberikan isyarat sebelum berbelok atau tidak dsb.
Penguji Ujian praktek SIM di Inggris sangatlah strik dan taat pada peraturan, kalau skor kita kurang dari batasnya atau kesalahan yang kita buat melewati batas maksimal maka otomatis kita dinyatakan gagal dan harus mengulang lagi.
Dan mengulang lagi itu artinya membayar lagi.

Setelah lulus ujian praktek, langsung dapat SIM full Inggris (UK Full Driving license).

Previous
Next Post »